Cara Mastering Suara Kicau Kenari Yang Baik

Apakah anda benar - benar maniak burung kenari? Jika Iya, tentunya anda pasti mengerti sedikit banyak tentang isian/ master kenari. Jika anda belum paham dan belum mengerti, itu sangat tepat karena kami akan membahasnya pada artikel edisi minggu ini. Mastering, melatih seekor burung dengan cara memodifikasi kicau kenari dan menentukannya sesuai dengan keinginan kita. Intinya yaitu dimana seekor burung yang kita master akan menirukan suara burung lain atau rekaman yang kita putarkan, asal masih di batas yang wajar dan dapat ditirukan burung kenari. Melatih dan mengisi suara kenari dengan cara mastering ini baru dikembangkan di Indonesia, belum ada negara lain di dunia yang menggunakan metode latihan seperti ini. Namun, memang tipe masyarakat kita yang tidak mudah puas jika hanya menderngarkan ocehan kenari biasa, pasti ada saja hal yang dilakukan sebagai bahan coba - coba demi menghasilkan hal yang unik dan berbeda.

Fenomena kenari master juga ramai akibat meningkatnya antusiasme hobiis kenari dalam mengikuti lomba. Banyaknya variasi dan sharing antar pemain lama kepada pemain baru membuat banyak orang memandang bahwa kenari lomba adalah kenari masteran. Apalagi jika melihat kenari F1 hasil persilangan antara kenari impor yang berbadan besar yang mempunyai suara nyaring khas kenari lokal pasti banyak sekali orang awam yang tertarik. Di samping itu, banyak juga yang meyakini bahwa masteran adalah bermaksud untuk memperbaiki ocehan burung lain agar lebih bagus saat dibawakan oleh burung kenari. Oleh karena itu, langsung saja kita bahas mengenai cara master kenari. Ada banyak faktor yang menentukan berhasil tidak nya mastering kenari.

cara master suara kenari yang baik - Usaha ternak
Kenari Masteran Identik Dengan Kenari Lomba

Faktor Keberhasilan Master Kenari

  1. Usia : Perhatikan usia burung kenari, usahakan kenari yang anda master adalah kenari bahan atau kenari kecil yang berusia 1 - 1,5 bulan dan masih makan biji-bijian. Sama dengan manusia, burung kenari saat masih kecil daya ingat nya juga masih tajam untuk mendengarkan suara masteran, dan seiring bertambahnya usia daya ingat pun semakin menurun. Oleh karena itu disaat kenari masih kecil, sering - sering lah dengarkan lagu masteran pada kenari anda.
  2. Kontinuitas : Jika anda sudah mendengar suara kenari anda yang mampu membawakan suara isian tersebut dengan baik, jangan berhenti sampai disitu. Tetap perdengarkan suara tersebut setiap hari jika anda bisa. Karena kelancaran itu hanya sementara, istilahnya belum ngunci. Sewaktu - waktu suara isian tersebut akan kembali pada suara asli burung kenari. Setelah memasuki usia 7 hingga 9 bulan, kenari biasanya sudah terbiasa dengan suara yang kita isikan. Dan biasanya sudah dapat kita ikutkan lomba. Namun jangan lupa setelah kita ikutkan lomba ataupun latber tetap putarkan isian master anda, karena jika tidak akan rentan terganti.
  3. Kecerdasan : Faktor internal yang mutlak adalah tingkat kecerdasan dan daya terima. Masing - masing burung memiliki daya terima yang berbeda. Apabila daya terima lambat, maka cara master kenari apapun yang kita gunakan akan susah untuk masuk. Oleh karena itu demi meminimalisir lambatnya daya terima, usahakan pilihlah kenari unggulan yang jelas asal usulnya atau berasal dari indukan master handal. Biasanya turunannya juga membawa gen dan kecerdasan yang hampir menyerupai induknya.
  4. Lingkungan : Pilihlah lokasi yang mendukung jika ingin kenari anda cepat menirukan isian anda. Tempat yang terlalu ramai akan sangat mengganggu proses penerimaan suara. Kenari akan bingung jika banyak suara gaduh, dan ini akan mengacaukan hasil mastering yang telah kita lakukan. Lingkungan yang sepi dan alami akan membuat kenari lebih nyaman dan memudahkan proses penerimaan isian.
  5. Kesabaran : Ini adalah hal yang paling penting. Bagaimana kita mendoktrin dan merawat kenari master kita akan menentukan lama waktu mastering kenari. Proses ini tidaklah singkat, jika kenari anda cerdas, biasanya dalam waktu 2 bulan atau 3 bulan kenari anda sudah menguasai suara isian tersebut. Namun jika agak lambat, maka butuh waktu 5 sampai 6 bulan. Oleh karena itu tanpa kesabaran maka tidak mungkin berhasil.

Suara Masteran Kenari Yang Baik

Untuk memudahkan anda dalam memilih suara isian kenari yang bagus, maka dibawah ini kami berikan beberapa pilihan yang banyak digunakan oleh para penghobi sebagai suara masteran. Maaf kami belum bisa menyediakan suara master berbentuk file mp3 untuk anda download, mengingat waktu luang yang sedikit. Lain waktu akan kami upload kan suara masteran kenari yang kami miliki. Jika anda sudah memiliki burung gacor yang bersuara nyaring dan kristal, dapat langsung anda gandengkan, namun jika tidak file audio atau kaset pun bisa masuk asal anda telaten dan rutin memutarnya di dekat kenari anda. Berikut ini adalah beberapa suara burung yang dapat membuat kenari anda menjadi master kenari gacor :
  • Manyar
  • Cililin
  • Sanger
  • Burung Ciblek
  • Lovebird
  • Jalak Suren/jalak Uret
  • Burung Prenjak
  • Blackthroat Afrika
Untuk jenis yang lain yang tidak ada di list bukan berarti tidak bagus, daftar ini hanyalah alternatif dan yang sudah dicoba banyak orang. Jika anda mencoba suara burung lainnya dan cocok, itu merupakan pilihan anda.

Demikian artikel kami mengenai mastering kicau kenari. Sama seperti ternak kenari, untuk melatih kenari juga diperlukan kesabaran, oleh karena itu jangan pernah menyerah dan mencoba. Semoga dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi anda pembaca setia usaha ternak. Guru terbaik adalah pengalaman. Salam ternak :D

Cara Mastering Suara Kicau Kenari Yang Baik | CaraTernak | 5

0 komentar:

Posting Komentar