Sapi Limosin, Spesies Sapi Potong Terbesar

Halo sahabat ternak, jumpa lagi dengan tim usahaternak. Pada kesempatan kali ini, masih tentang info dan tips beternak sapi, kali ini kami akan mengulas tentang salah satu sapi yang menjadi primadona para peternak di dunia sapi potong. Pernah dengar tentang sapi limosin, sapi terbesar di kalangan spesies sapi potong? Ya, pada kesempatan ini kami akan mengulas tuntas informasi tentang sapi limosin. Sapi ini memiliki daging dan otot yang kuat serta besar sehingga, para peternak menilai sapi jenis limosin memiliki pasar yang baik dibanding sapi-sapi jenis lain.
Sapi limosin merupakan jenis sapi yang awal mulanya dibudidayakan di negara Perancis, awalnya sapi jenis ini diternak untuk menyaingi sapi jenis simental sebagai spesies sapi terbesar yang juga memiliki perawakan panjang, besar dan kekar. Secara fisik kita dapat mengenali sapi limosin pertama dari tubuhnya yang panjang, besar, dan berotot. Dari segi kulit, sapi limosin memiliki bulu yang berwarna coklat namun mengalami gradasi warna pada bagian kepala dan semua ujung kaki. Dengan kedua tanduk yang melengkapinya menambah kegagahan penampilan sapi jenis limosin.

Sapi Limousine: Sapi yang menjadi primadona para peternak

Keunggulan Sapi Limosin
Dari kelompok sapi potong, sapi limosin akhir-akhir ini banyak diternak karena keunggulannya dibanding sapi jenis lain. Tingkat pertumbuhan yang cepat yang mempengaruhi pesatnya kenaikan berat badan sehingga dagingnya juga semakin banyak. Meskipun dengan pakan sapi potong modern, biasa, maupun ekstra konsentrat pertumbuhannya bisa dibilang memerlukan waktu singkat dan tidak begitu merepotkan, hanya porsi yang berbeda harus disajikan. Dari sisi ketahanan tubuhnya, sapi limosin dikenal lebih tahan banting baik dari gangguan penyakit, cuaca, dan suhu. Hal inilah yang membuat para peternak senang memelihara sapi jenis ini. Selain itu, kualitas daging sapi limosin lebih lezat apabila dimasak, dan tekstur dagingnya berbeda dengan sapi potong pada umumnya.

Harga Sapi Limosin
Dilihat dari sisi ekonomi, harga sapi Limosin masih ditaraf yang cukup tinggi. Memang harga tersebut berbanding lurus dengan kualitas dan jumlah daging yang dihasilkan. Umumnya harga jual sapi limosin masih dua kali lipat harga sapi pedaging biasa. Harga jual yang masih tinggi ini jika dipengaruhi dengan tingkat pertumbuhannya yang cepat membuat para peternak beralih memelihara sapi jenis ini. Mendekati musim kurban/Idul Adha harga sapi limosin cenderung naik, namun tidak mengurangi antusias para konsumen memilih sapi jenis ini untuk sapi kurban. Terkadang terbesit pikiran harga yang dikeluarkan untuk seekor sapi sapi limosin bisa dipakai untuk membeli beberapa ekor sapi Jawa/brahman. Sekedar info, harga bakalan sapi limosin usia 4 bulan di kisaran 6-8 jutaan, harga itu cukup ideal jika kita melihat prospek pertumbuhan kedepannya.

Tips Memilih Bakalan Sapi Limosin
Dalam pemilihan bibit sapi limosin yang unggul dapat dilakukan dengan memilih bibitan yang memiliki ukuran kepala yang lebih besar, bentuk ekor yang pendek serta langsing, serta tanduk yang bersih dan proporsional. Satu lagi, untuk memilih sapi super yang berkualitas bagus pastikan sapi tersebut memiliki moncong yang hitam mengkilat kadang berlendir dan bentuknya menjorok ke depan. Dan untuk keperluan keaslian dari sapi limosin tersebut, anda bisa meminta sertifikat keaslian yang menyatakan asal usul sapi limosin yang akan anda ternak. Sertifikat sangat direkomendasikan pada anda yang memang sangat berniat untuk membuka usaha jual-beli sapi limosin agar pelanggan terpercaya dan respect terhadap sapi limosin yang anda jual.

Demikian sekilas informasi mengenai sapi limosin sebagai sapi potong terbesar yang menjadi favorit para peternak sapi belakangan ini. Semoga sedikit info ini berguna bagi anda yang akan beternak sapi limosin atau ingin membuka usaha jual beli sapi limosin.
Sapi Limosin, Spesies Sapi Potong Terbesar | CaraTernak | 5

0 komentar:

Posting Komentar